Kamis, 19 Januari 2012

AKUNTANSI

   Akuntansi adalah suatu proses yang meliputi: pengindentifikasian,pencatatan,penggolongan,pengikhtisaran dan pelaporan transaksi keuangan perusahaan yang terjadi dalam suatu periode tertentu.

*Bidang-bidang akuntansi:
A).Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
   Akuntansi keuangan disebut juga general accounting/ akuntansi umum.Sasaran (objek) kegiatan  akuntansi    keuangan adalah Transaksi keuangan yang sudah terjadi ( data historis) yang menyangkut perubahan aktiva,kewajiban dan ekuitas perusahaan.
B) Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
   sasaran kegiatan akuntansi biaya adalah transaksi keuangan yang berhubungan dengan pengelolaan bahan baku menjadi produk jadi.
C) Akuntansi manajemen  ( Management Accounting)
    Akuntansi management adalah bidang akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan pengumpulan dab pengelolaan data historis(terutama data dan biaya)dan data taksiran.
D) Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)
  Akuntansi pemeriksaan adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan kegiatan pemeriksaan terhadap catatan hasil kegiatan akuntansi keuangan.
E) Akuntansi Perpajakan ( Tax accounting)
  Bidang akuntansi perpajakan berhubungan dengan penentuan objek pajak yang menjadi tanggungan perusahan serta perhitungannya.kegiatan akuntansi perpajakan adalah membantu manajemen dalam menentukan pilihan-pilihan transaksi yang akan dilakukan,sehubungan dengan pertimbangan perpajakan.
F) Akuntansi anggaran( Budjetary Accounting)
   Bidang akuntansi ini berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data operasi keuangan yang sudah terjadi serta taksiran kemungkinan yang akan terjadi untuk kepentingan penetapan rencana operasi keuangan  perusahaan (anggaran) dalam suatu periode tertentu.
G) Akuntansi Pemerintah
adalh bidang akuntansi yang kegiatannya berhubungan denagn masalh pemeriksaan keuangan negara.sering disebut juga dengan istilah administrasi negara.

 

1 komentar:

  1. hi...lam kenal ya aku dah follow blog km follow back ya http://evanzip.blogspot.com

    BalasHapus